Saturday, April 2, 2016

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan salah satu jenis organ pencernaan yang terdapat pada tubuh. Lambung yang sehat bisa menjalankn fungsinya dengan baik dan maksimal. Lambung memiliki tugas guna menampung dan juga untuk mencerna nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah bisa membayangkan apabila lambung mengalami masalah gangguan, maka nutrisi dalam tubuh tidak akan tercerna dengan maksimal. Akibatnya adalah tubuh akan kurang mendapatkan nutrisi maksimal dan perut akan menjadi kurang terasa nyaman.

Nah oleh sebab itu ada baiknya untuk kita perlu menjaga kesehatan lambung. Untuk menjaga kesehatan lambung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana saja cara dalam menjaga kesehatan lambung. Nah langsung saja untuk mengetahui lebih lanjut, simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara dalam Menjaga Kesehatan Lambung

Makan secara Teratur

Cara dalam menjaga kesehatan lambung yang pertama adalah dengan cara konsumsi makan secara teratur. Biasakan pola hidup sehat dengan cara menjaga pola makan secara teratur. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa lambung memiliki fungsi untuk memproduksi asam lambung digunakan untuk membantu dalam mencerna makanan yang masuk ke tubuh. Nah apabila asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bekurang, maka asam yang dihasilkan akan melukai organ lambung sendiri. Oleh karena itu apabila seseorang tidak makan secara teratur maka mereka dapat terkena penyakit maag akut yang bisa ditandai dengan gejala dari maag kronis. Untuk itu apabila Anda tak ingin terkena maag dan ingin memilliki lambung yang sehat upayakan jangan terlambat makan.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Cara dalam menjaga kesehatan lambung yang kedua adalah dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung serat. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa serat pada makanan sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti pada pencernaan tubuh. Untuk Anda yang ingin memiliki organ lambung maka disarankan untuk mencukupi kebutuhan serat. Makanan berserat bisa membantu gerakan usus dan juga melancarkan sistem buang air besar pada tubuh. Hal ini pastinya akan melindungi tubuh dari masalah seperi susah buang air besar yang dikarenakan kekurangan akan serat.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Asam

Mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas dan asam berlebihan ternyata juga tak baik untuk kesehatan lambung. Ini dikarenakan mengonsumsi makanan pedas dan asam berlebih dapat meningkatkan produksi dari asam pada lambung. Hal ini bisa mengakibatkan empedu untuk bekerja lebih keras. Oleh karena itu mulailah untuk mengurangi sumber makan makanan pedas dan asam untuk menjaga agar lambung tetap terjaga dan sehat. Untuk ibu hamil sebaiknya menghindari semua makanan yang bercita rasa pedas.

Hindari Minuman yang Mengandung Alkohol, Soda, dan Kafein

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan lambung adalah dengan cara menghindari minuman yang mengandung alkohol, soda maupun kafein. Untuk minuman tersebut memang bisa membahayakan tubuh salah satunya adalah organ lambung. Hal ini dikarenakan bisa memicu rasa tidak nyaman pada lambung. Nah untuk itu ada baiknya Anda menggantikannya dengan minum air putih yang lebih sehat. Minum air putih sebaiknya paling tidak 8 gelas dalam sehari.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa cara dalam menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda coba lakukan. Untuk cara lain dalam menjaga kesehatan lambung seperti menghindarkan diri dari stres, rutin untuk berolahraga, mengatur porsi makan, dan juga menghindari makanan instan.

Baca

No comments:

Post a Comment