Wednesday, March 30, 2016

Khasiat Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah memang menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Ini dikarenakan di dlaam buah mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai berbagai khasiat dan manfaat yang dimiliki dari buah semangka. Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan air. Buah ini memiliki ciri khas dengan rasanya yang manis dengan warna daging buah merah ataupun kuning.

Buah semangka pastinya akan terasa segar dan nikmat ketika dikonsumsi pada siang hari dengan suhu yang panas. Rasanya yang khas dan kaya akan kandungan air membuat banyak orang menyukai buah ini. Nah langsung saja, untuk Anda yang sampai saat ini kurang mengetahui apa saja sebenarnya khasiat dari buah semangka, berikut penjelasannya!

Berikut Khasiat dari Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

 Membantu dalam Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat disebabkan karena berbagai faktor seperti radikal bebas yang menyerang kulit. Untuk mencegah penuaan dini Anda bisa mencoba memanfaatkan buah semangka yang kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan juga likopen. Kandungan antioksidan pada semangka membantu untuk mencegah penumpukan radikal bebas pada tubuh. Dengan begitu sangat baik dalam mencegah terjadinya proses penuaan dini. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengonsumsi buah semangka untuk mendapatkan kandungan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Membantu dalam Menjaga Kelembapan pada Kulit

Manfaat dari buah semangka untuk kesehatan tubuh berukutnya adalah membantu dalam menjaga kelembapan pada kulit. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, maka buah semangka dapat Anda jadikan sebagai pilihan terbaik dalam menjaga kelembapan pada kulit. Ini dikarenakan di dalam buah semangka mengandung kandungan kadar air yang cukup berlimpah. Di samping memberi kelembapan pada kulit, mengonsumsi buah semangka juga membantu tubuh Anda agar tak mudah dehidrasi. Selain buah semangka, kandungan air jug banyak ditemukan pada mentimun.

Membantu Mengurangi Resiko Hipertensi dan Stroke

Khasiat dari buah semangka berikutnya adalah membantu dalam mengurangi resiko dari hipertensi dan juga stroke. Ini dikarenakan di dalam buah semangka mengandung senyawa karetenoid yang bisa membantu dalam mencegah pengerasan pada dinding pembuluh arteri ataupun vena yang bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Tentu saja manfaat yang satu ini bisa dirasakan dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin. Di samping itu buah semangka ini juga mengandung kalium yang baik untuk membantu mencegah resiko dari serangan jantung.

Sebagai Anti Inflamasi dan juga Antioksidan

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah sebagai antiinflamasi dan juga antioksidan. Di dalam buah semangka terkandung banyak senyawa fenolik diantaranya seperti karotenoid, flavonoid, dan juga triterpenoid. Senyawa seperti karotenoid bermanfaat dalam mencegah radikal bebas yang menyerang tubuh. Untuk senyawa triterpenoid dalam semangka berperan sebagai anti inflamasi yang mampu membantu dalam menghambat peningkatan daru inflamazi. Oleh sebab itu pastikan Anda memilih semangka yang sudah matang untuk mendapatkan kandungan senyawa fenolik yang tinggi. Bagaimana tertarik untuk mengonsumsi buah semangka dengan segala manfaat yang dimiliki?

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa khasiat dari buah semangka yang bisa Anda ketahui. Dengan segala manfaatnya tersebut yang pasti buah ini sehat untuk dikonsumsi ke dalam menu harian Anda. Masih banyak khasiat yang dimiliki dari buah semangka yang menyegarkan.
Baca



No comments:

Post a Comment